Rabu, 15 Mei 2013

E - Bisnis

eBusiness and eCommerce
eBusiness and eCommerce
     Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan keuntungan. kata bisnis dari bahasa Inggris business, yaitu kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu maupun komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan yang banyak. Dalam dunia bisnis pun kita kerap mengenal dengan istilah E-binis. E-business atau electronic-business adalah penggunakan teknologi Information Communication and Technology (ICT) untuk meningkatkan bisnis (dari mulai penggunaan email sampai prosedur administratif dalam proses pembelian dan penjualan melalui Internet). E-Commerce  atau Electronic commerce adalah dimana transaksi bisnis dilakuakn menggunakan jaringan komunikasi elektronik, khususnya Internet.

Hubungan eBusiness dan eCommerce
Hubungan eBusiness dan eCommerce
   Adapun perbedaan diantara keduanya adalah bahwa e-commerce berarti interakasi antara organisasi dan pelanggan, client atau konstituennya. Pada sisi lain, e-business adalah istilah yang lebih luas yang meliputi operasi internal organisasi. Sedangkan Electronic Commerce menjelaskan proses penjualan dan pembelian produk, layanan dan informasi via jaringan komputer termsuk juga Internet, sementara e-business menjelaskan definisi yang lebih luas. E-business meliputi pembelian dan penjualan produk dan layanan, pelayanan pelanggan, kolaborasi dengan rekenan bisnis, dan mengatur tugas-tugas dalam bisnis.

Konsep eBisnis

E-bisnis didefinisikan berdasarkan sudut pandang berikut 
  • Komunikasi : mengirimkan barang, layanan, informasi, pembayaran menggunakan jaringan komputer atau alat elektronik lainnya.
  • Komersial (perdagangan) : menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual produk, layanan dan informasi pada Internet menggunakan layanan online lainnya.
  • Proses bisnis : melakukan bisnis secara elektronik dengan melakukan proses bisnis melalui jaringan elektronik, dengan demikian mengganti proses bisnis yang biasanya dilakukan secara fisik.
  • Layanan : tool yang memenuhi keingingan pemerintah, perusahaan, pelanggan, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan dengan meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan meningkatkan kecepatan pengiriman layanan.
  • Belajar : memungkinkan untuk melakuakn pelatihan dan pendidikan secara online di sekolah, universitas dan organisasi lain termasuk bisnis.
  • Kolaborasi : kerangka kerja untuk kolaborasi antar dan di dalam organisasi.
  • Komunitas : menyediakan tempat berkumpul untuk anggota komunitas untuk belajar, transaksi dan kolaborasi.
Model eBisnis :
  • Business-to-business (B2B),
  • Business-to-employee (B2E),
  • Informasi dan layanan disediakan untuk pegawai secara online,
  • Mobile Commerce (m-commerce),
  • Bisnis yang menjual produk atau menyediakan layanan untuk bisnis lain,
  • Business-to-consumer (B2C),
  • Business-to-government (B2G),
  • Pemerintah membeli atau menyediakan barang, layanan atau informasi kepada/dari perushaan,
  • Transaksi dan aktifitas E-Commerce dilakukan pada lingkungan wireless,
  • Collaborative commerce (c-commerce),
  • Bisnis yang menjual produk atau menyediakan layanan untuk pengguna terkahir,
  • Consumer-to-consumer (C2C),
  • Pengguna menjual langsung kepada pengguna lain,
  • Individu atau grup berkomunikasi atau berkolaborasi secara online,

Stakeholder eBisnis :
  • Stakeholder internal : mamanjemen dan staf
  • Penyedia layanan web
  • Asosiasi
  • Suplayer dan manufaktur
  • Pelanggan
  • Komunitas web
  • Intermediasi
  • Insitusi keuangan

Kelebihan eBisnis
  1. Akses Mudah
    Agar bisa berhubungan dengan konsumen, pebisnis hanya membutuhkan koneksi internet yang baik dan memadai
  2. Menghemat Waktu
    Jika bisnis yang dilakukan pada umumnya harus pergi ke tempat konsumen maupun rekan-rekan bisnis lainnya untuk melakukan transaksi maupun kerjasama. Maka berbeda dengan e-business, segala jenis komunikasi dilaksanakan secara online di internet.
  3. Lebih Tepat Sasaran
    Para peminat bisnis yang kita usahakan akan datang kepada kita. Sedangkan yang tidak berminat, tidak perlu mengindahkan iklan yang kita buat sebagai pebisnis.
  4. Tidak Membutuhkan Modal Besar
    Banyak orang beranggapan bahwa untuk memulai berbisnis harus mempunyai modal uang yang besar. Menurut saya hal tersebut adalah pendapat yang kurang tepat, karena setiap orang bisa memulai bisnis internet bahkan tanpa modal sekalipun. Asalkan memiliki koneksi internet yang baik dan bisa menggaet kerja sama yang baik dengan pebisnis lain. Salah satu contoh e-business tanpa modal yaitu bisnis reseller. Kita menjual ulang barang-barang yang dijual oleh penjual lain. Sebelumnya, kita harus mengajak kerjasama kepada penjual tersebut untuk menentukan kesepakatan harga. Selain bisnis reseller,masih ada banyak lagi bisnis internet tanpa modal lainnya. Modal yang paling penting yang harus kita miliki adalah adanya akses internet dan keberanian untuk menjalankan bisnis ini.

Kelemahan :
  1. Tidak Ada Pertemuan dengan Konsumen Secara Langsung
    Salah satu kelemahan dari e-business yaitu tidak adanya akses antara pebisnis dengan konsumen. Agar bisa terjadi tatap muka secara langsung, mereka harus membuat kesepakatan untuk bertemu.
  2. Resiko Penipuan Lebih Tinggi Dibanding Bisnis Lainnya
    Karena tidak ada pertemuan antara pebisnis dengan konsumen maka akan sering terjadi penipuan jika konsumen ataupun calon pebisnis (pemula) kurang pengetahuannnya mengenai seluk beluk bisnis internet. Sekarang ini sedang menjamur bisnis MLM (Multi Level Marketing) lewat internet yang menawarkan kerja mudah dengan gaji fantastis.
    Kita perlu curiga dalam hal ini, jangan mudah percaya dengan testimoni-testimoni yang ada di halaman website tersebut. Karena bisa saja hal itu sudah diatur oleh oknum bisnis abal-abal tersebut.
Penjelasan eCommerce HappyMart :
Screen Shot Happy Mart


  • buka alamat http://happymart4all.blogspot.com/ kemudian pilih item yang akan dipilih,
  • pada item yang dipilih, klik tombol ADD TO CART, lakukan hal yang sama sampai item yang dipilih tidak ada lagi yang akan Anda beli,
  • klik tulisan 'My Cart' yang ada di kanan atas sebelah menu utama pemesanan, klik tombol 'checkout' untuk melakukan pembayaran atau tombol 'empty cart' untuk melakukan pembatalan,
  • ketika anda mengklik tombol 'checkout' isi semua form dengan benar dan tekan tombol 'checkout',
  • pilih pembayaran sesuai dengan jenis pembayaran yang Anda inginkan (kartu kredit, ATM, internet banking).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar